The Hague NL International criminal court.

Pernyataan pengacara HRS tentang langkah yang akan ditempuh pasca penetapan tersangka cukup menarik. Menantang “adrenalin” karena tampak gagah dan garang. Optimistik dan sangat percaya diri.

Untuk kesekian kalinya, pengacara HRS nyatakan akan membawa masalah kliennya ke Mahkamah Internasional. Namun, imajinasinya “dibuyarkan” begitu saja oleh Kemlu RI dan beberapa pihak lainnya karena hanya negara-bangsa saja yang berhak bersengketa di sana.

Namun, pasca penetapan HRS sebagai tersangka, pengacara tersebut kembali melontarkan “ide” kontroversial. Menurut dia, HRS akan menggugat Pemerintah Indonesia ke International Criminal Court (ICC). Ini lah hal paling menarik yang layak untuk dikupas. Benarkan ICC akan menindaklanjuti laporan tersebut atau tidak (karena bukan kewenangannya)?

ICC didirikan untuk mengadili kejahatan sangat serius, meliputi: kejahatan genosida, kejahatan terhadap kemanusiaan, kejahatan agresi, dan kejahatan perang. Silahkan direnungka sendiri, gugatan HRS kira-kira masuk kategori untuk gugat kejahatan apa? (Renungkan saja, ga usah tertawa).

Tak hanya kategori kejahatan, perlu juga dilihat bagaimana posisi Indonesia terhadap Statuta Roma (dasar dari ICC). Apakah sebagai negara pihak atau bukan? Indonesia bukan negara pihak sehingga prosedurnya jika ada persoalan berbeda. Untuk bisa membawa Indonesia ke pengadilan ICC, harus ada rekomendasi/resolusi dari DK PBB. Tanpa itu, hampir mustahil persidangan bisa dilakukan. Apa iya DK PBB bakal bahas gugatan tim pengacara HRS? Siapa tahu, iya kan?

Terlepas dari itu semua, menggugat pemerintah melalui mekanisne yang ada merupakan hak setiap orang. Bagi yang tidak berkepentingan, cukup jadi penonton saja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s