Anomali Pemilukada Serentak

Posted: 16 Oktober 2015 in Politik
Tag:, , , , , , , ,

0923218011-fot0127780x390
Desember kelak Indonesia bakal selenggarakan pemilihan umum kepala daerah serentak. Sebanyak 204 daerah akan selenggarakan pemilukada, baik pemilihan bupati, walikota, maupun gubernur. Tentu saja, termasuk wakil-wakilnya juga. Satu paket.

Dibalik itu semua, ada hal yang agak ganjil dalam setiap hajatan pemilukada. Namun, khusus pemilukada serentak kali ini keganjilannya semakin mengemuka. Apakah gerangan itu sehingga layak dijuluki penuh keganjilan?

Masih ingat kan pas pemilihan presiden 2014 kemarin? Ada dua kubu yang berkompetisi dengan hebat: Koalisi Indonesia Hebat dan Koalisi Merah Putih. Keduanya bertarung habis-habisan hingga titik darah penghabisan. Bahkan, bekas-bekas perseteruan masih bisa dirasakan hingga sekarang.

Namun, kalau bicara pemilukada jadi beda. Perseteruan KIH dengan KMP seolah-olah sudah tiada lagi. Koalisi menjadi cair. Tak ada lagi KMP atau KIH. Tak peduli partai koalisi dalam pilpres kemarin kubu seberang. Paling penting, bagaimana meraup suara sebanyak-banyaknya dalam pemilukada.

Inilah wajah politik kita. Wajah yang penuh warna seperti bunglon yang bisa sewaktu-waktu bermetamorfosis. Logika paling sederhana, kok bisa ya ketika di atas perang tapi ketika ketemu di bawah bisa bermesraan atau sebaliknya? Ideologi dan platform politik, buang ke laut saja.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s