Iklan Skema Ponzi

Posted: 17 Maret 2015 in Arbiter

Semalam nonton televisi tetiba kaget dengan sebuah iklan. Iklan apa itu kok sampai begitu? Awalnya biasa-biasa saja dengan iklan tersebut. Namun, ketika lihat bagian akhirnya ternyata itu merupakan iklan sebuah money game dari Rusia yang gunakan skema Ponzi. Ini bukan soal produk yang diiklankan, tapi terkait legalitasnya dalam hukum Indonesia.

20150316203833
Bagian akhir dari iklan di televisi

Pada Agustus 2014, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengeluarkan pernyataan resmi terkait money game tersebut (MMM). Pernyataan OJK sudah tegas dalam hal ini. Lembaga ini dengan tegas jika MMM bukanlah lembaga jasa keuangan sehingga dana nasabah tidak bisa masuk dalam perlindungan OJK. Aneh kan, sesuatu yang “tak jelas” bentuknya bisa beriklan?

Ini bukan bermaksud menyudutkan pengiklan. Namun lebih mempertanyakan bagaimana konektivitas antara Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) sebagai pengawas saluran publik dengan OJK. Sesuatu yang legalitasnya masih dipertanyakan ternyata bisa beriklan menggunakan saluran publik. Semuanya memang tergantung masyarakat sendiri. Masyarakat harus lebih bijak dengan uangnya dalam hal investasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s