Perlengkapan Hadapi Winter

Posted: 23 Desember 2012 in Arbiter
Tag:, , , , , , , , , ,

Salju tampak indah kalau kita melihat di televisi. Dibalik keindahan salju, ada musuh besar didalamnya, dingin. Seperti halnya di Moskow saat ini yang sejak Desember ini lalu suhunya sudah kelewatan (bagaimana nanti ketika puncak musim dingin, Januari-Februari?). Suhu rata-rata sejak Desember di Moskow sekitar -18 derajat Celcius. Ini belum puncaknya lho 😦

Beberapa hari lalu seorang kawan bercerita tentang suhu di Moskow saat puncak musim dingin (Jan-Feb). Menurut dia, berdasar interview di TV tentang prakiraan cuaca, suhu di Moskow pada Januari-Februari bisa mencapai -45 derajat Celcius. “Ini bisa jadi suhu terendah sejak 20 tahun terakhir. Harus siap-siap kita,” imbuhnya.

Tak ada pilihan lain selain kita siaga hadapi segala kemungkinan terburuk. Berbagai perlengkapan musim dingin pun saya keluarkan sejak suhu tak bersahabat lagi. Belum puncak musim dingin saja suhunya sudah bikin orang mau nangis. “Bujubunenggg…bagaimana ya rasanya suhu bisa minus 45 itu? Musim dingin kemarin saja ‘hanya’ minus 30 dan rasanya sudah ga karu-karuan,” pikirku dalam hati.

Kehidupan harus berjalan seperti biasa. Musim dingin harus disiasati dengan perlengkapan yang mumpuni. Mau menyerah? Ini Rusia bung! KIta semua harus menyiasati dinginnya udara Moskow. Karena itu, saya sekedar membagi tips untuk bagi teman-teman yang hendak bepergian ke bumi bagian utara, khususnya Rusia. Berikut beberapa perlengkapan pokok yang harus disiapkan
– Baju dan celana long john
– Jaket tebal isi bulu angsa/Gerai outdoor equipment (khusus untuk ke daerah bersalju/winter series)
– Sarung tangan yang dalamnya berbulu
– Kaos kaki wol atau kaos kaki untuk daerah yang dinginnya ekstrem
– Kupluk (pokoknya bisa menutupi sampai telinga)
– Sweater
– Sepatu water proof
– Bubuk jahe untuk wedang (optional)

Perlengkapan pokok di atas harus disiapkan daripada kedinginan sangat hebat. Kalau perlengkapan siap, saya yakin, perjalanan akan semakin lancar. Sedikit tips dari saya untuk teman-teman yang hendak bepergian ke bumi bagian utara kala musim dingin. Semoga bermanfaat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s