Salju, Dimana Kau Berada?

Posted: 25 November 2012 in Arbiter
Tag:, , , , , , , , , , ,

Dalam gelap kota Moskow yang penuh misteri (cuacanya). Sudah akhir November tapi salju tak kunjung turun. Cukup aneh juga karena setahun yang lalu pada akhir November salju sudah turun. Jalanan memutih bak kapas. Sekarang, jalanan masih hitam legam berhiaskan pepohonan tanpa daun. Jangan tanya soal suhu, tetap dingin seperti tahun lalu.

Kondisi cuaca di Rusia, khususnya Moskow, memang agak aneh. Saat Idul Adha kemarin (26 Oktober), salju turun cukup deras. Cukup merepotkan juga bagi mereka yang tak bawa perlengkapan semestinya. Namun, setelah itu, salju tak pernah turun lagi hingga hari ini. “Apa musim dinginnya mundur, tidak seperti biasanya?” tanyaku dalam hati.

Bisa bahaya ini kalau mundur soalnya datangnya musim semi juga bisa mundur nantinya. Kekhawatiran ini ternyata diamini oleh seorang senior yang pernah merasakan kegamangan cuaca di Rusia, Mas Suja’i. Menurut dia, 10 tahun yang lalu pernah terjadi salju telat turunnya. Saat itu, tahun baru dirayakan tanpa salju. “Musim semi pun datangnya ikut mundur, sekitar pertengahan Mei,” katanya.

“Matilah hamba, musim dingin jadi semakin panjang jadinya. Jaket tebal semakin lama harus melekat di badan,” gumamku dalam hati.

Bagaimana pun juga, meski salju tak turun, hawa dingin menusuk tulang tak bisa dilawan. Tanpa atau ada salju pun, sekitar November ini suhu tetap minus. Duh, apalagi ada potensi musim dingin semakin panjang saja gara-gara salju telat turun. Padahal musim semi datang sekitar pertengahan April pada tahun ini. Kalau begini ceritanya, tahun depan kapan musim semi datang?

Cuma bisa berharap agar salju segera turun. Semakin cepat turun salju berarti bisa segera menanggalkan jaket tebal. Bisa segera melihat dedaunan dan jalanan yang penuh warna.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s