Setelah Ruyati dihukum mati di Arab Saudi, protes keras atas hukuman tersebut bermunculan dari berbagai tempat. Begitu pula ketika WNI di negara-negara lainnya terkena hukuman serupa (mati), kita semua bersatu menuntut agar pemerintah berusaha keras membebaskannya. Setidaknya, terpidana tidak dihukum mati. Namun, pernahkah ada protes atas pelaksanaan hukuman mati di tanah air segempita ketika WNI dihukum mati di negara lain?

Sudah jadi hal lumrah ketika mendengar tuntutan hukuman mati bagi koruptor dan pedagang narkoba. Semuanya sangat terang di media massa maupun komentar-komentar dari banyak tempat. Apakah status kewarganegaraan dan locus delicti berpengaruh terhadap kemanusiaan? Tentunya tidak. Sekat negara, bangsa, status sosial, atau apa pun tak bisa membedakan manusia yang satu dengan lainnya. Semua harus diperlakukan sama.

Di sinilah anomali itu muncul. Satu sisi menuntut agar pemerintah berjuang agar WNI yang terancam hukuman mati bisa dibebaskan dari maut. Di sisi lain, di dalam negeri, menuntut agar seseorang dihukum hati karena melakukan kesalahan tertentu. Secara gamblang, ini bisa disebut stadar ganda karena locus delicti sangat mempengaruhi sikap. Hampir tak ada tuntutan serupa ketika di dalam negeri hendak diadakan eksekusi mati. Tuntutan agar mereka dibebaskan dari regu tembak.

Saya juga tak habis pikir dengan beberapa komentar di media massa. “Koruptor harus dihukum mati!” Apakah ini perlu benar-benar dilakukan? Jika benar ingin dilakukan, kita juga harus bisa bersikap adil jika ada WNI terancam hukuman maati di luar negeri. Tentu saja, terlepas dari latar belakang mengapa ia melakukan kejahatan tersebut, konsistensi sikap harus ada. Jangan hanya karena beda negara maka tuntutannya beda.

Sampai sekarang, saya pun masih bingung dengan dualisme sikap seperti ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s