Gladak Perak, Sejarah yang Terlupakan (1)

Posted: 7 Agustus 2011 in Arbiter
Tag:, , , , ,

Bagi masyarakat Lumajang dan Malang, Gladak Perak di Pronojiwo bukanlah tempat asing lagi. Jembatan ini jadi penghubung utama Lumajang-Malang yang topografinya bergunung-gunung. Inilah penghubung satu-satunya dari Lumajang ke Malang atau sebaliknya. Dibalik jalanan yang penuh kelokan, terhampar indah Samudera Indonesia dan sejuknya hawa pegunungan di lintasan jalur selatan Jawa ini.

Gladak Perak tak hanya sebagai jalur penghubung dua kota ini. Tempat ini punya nilai sejarah cukup tinggi di era kemerdekaan. Gladak Perak sesungguhnya dibangun pada 1925 untuk menghubungkan wilayah timur dan tenggara Gunung Semeru. Jembatan ini berdiri di atas Sungai Besuk Sat, salah satu aliran primer lahar dingin Gunung Semeru. Cat perak pada sisi pembatas jembatan ini menjadikannya terkenal dengan sebutan “Gladak Perak”.

Gladak Perak tak sekedar sebagai penghubung, juga memunyai nilai sejarah cukup tinggi di era penegakkan kemerdekaan. Pada 1947, jembatan ini dibumihanguskan (diledakkan) oleh Zeni Pioneer (22 Jatiroto) untuk memutus mobilitas tentara Belanda ke arah Pronojiwo. Dua wilayah ini pun terpisah hingga selesai dibangun kembali pada 1952. Pada dekade 2000-an, Glada Perak tak difungsikan lagi akibat semakin tak memadainya kondisi jembatan. Pemerintah membangun kembali jembatan baru di sisi selatan Gladak Perak. (Bersambung)

Iklan
Komentar
  1. ahas berkata:

    oh ya saya aja yang orang lumajang belum tau tentang penjajahan…. xixixixi so bagus banget ngambil gambarnya pas brooo

  2. ascariyanto berkata:

    aq juga sering lewat gladak perak tapi dak teu sejarahnya, setelah membaca artikelmu, aq telah tahu banyak tentang sejarah gladak perak, maksih ya infonya

  3. ferilee berkata:

    ijin copas ya gan ???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s