Google vs Facebook (?)

Posted: 3 Januari 2011 in Arbiter
Tag:, , , , , , , ,

Ketika sedang menepikan hati pada suatu malam, tiba-tiba seorang teman menyapaku. Dia menyapa dengan gegap gempita. Mau tak mau aku pun harus meladeninya. Ya, kali saja ada sesuatu yang baru hendak disampaikannya. Ternyata benar, itu sesuatu yang baru dan “panas” sekali bak pisang goreng di atas minyak mendidih wajan penggorengan.

“Buka google translate! Setting-an english ke (Bahasa) Indonesia,” ujarnya dengan berapi-api.

Aku pun menurutinya. Namun, tetap saja, aku masih bingung dengan keinginan kawan satu itu. Sembari membuka apa yang ia perintahkan, aku hanya bisa bingung sendiri. “Opo karepe bocah iki? (Apa maksudnya anak ini?)” gumamku dalam hati.

Kemudian, datang lagi perintah lanjutan darinya. Seperti semula, aku pun menurutinya. Hitung-hitung dapat pahala bisa menyenangkan orang lain (ngarep.com).

“Tulis di kotak “fight up”. Temukan artinya dan kamu pasti terkejut,” katanmya dengan berkobar-kobar.

Ku tulis juga kata “fight up” di kotak untuk kata yang hendak diterjemahkan itu. Deng…deng…prekkk…akhirnya muncul juga arti kata “fight up” dalam Bahasa Indonesia. “Melawan facebook”. Hah! Aku masih tak percaya. Kemudian coba ku ulangi lagi perintah yang sama dan hasilnya tak berubah sedikit pun.

Pertanyaan langsung ku lontarkan kepada kawan pemberi kabar itu, “kok bisa ya?” Tanpa basa-basi, ia pun langsung menjawab dengan entengnya, “wkwkwk…google bermusuhan dengan facebook,” jawabnya.

Entah benar atau tidak google bermusuhan dengan facebook, pastinya hal itu sangat aneh. Tak mungkin kata “fight up” bisa jadi “melawan facebook” ketika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia. Kata “facebook” pun tak di input dalam kotak terjemahan tersebut.

Hanya bisa menduga-duga. Barangkali fenomena ini jadi tanda awal “pertempiuran” dua raksasa internet ini. Bisa juga ini kaibat kesalahan operator atau akibat ulah seseorang. Namun, sepertinya, dugaan pertama sangat kuat sekali sebagai penyebabnya di tengah persaingat ketat bisnis dua raksasa ini.

Catatan: gambar yang ditampilkan dalam artikel ini tanpa rekayasa apa pun. Gambar diambil dengan print screen dan kemudian diubah ke dalam format JPG. Print screen dilakukan pada Senin, 3 Januari 2010 sekitar pukul 20.15 WIB.

Iklan
Komentar
  1. harijogja berkata:

    hmmm saya sebagai pengguna sih cuma bisa melihat dan menikmati persaingan mereka gan 🙂

    tapi facebook bagi bagi duit lagi gan setelah paypal wishlist lho http://harijogja.wordpress.com/2011/01/03/facebook-bagi-bagi-dolar-lagi/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s