Resolusi dan Tahun Baru

Posted: 31 Desember 2010 in Arbiter
Tag:, , , ,

Tiap pergantian tahun, hampir semua orang membuat resolusi. Sebuah cita-cita yang hendak dicapai dalam tahun yang akan dating. Tahun penuh harapan dan semangat agar bisa lebih baik dari sebelumnya. Sebuah tahun yang nantinya diharapkan akan membawa perubahan positif.

Kita semua merayakan pergantian tahun dengan berbagai cara. Terserah mau melakukan apa saja sepanjang itu tak merugikan diri sendiri atau orang lain, serta tidak melanggar norma yang ada. Tiap orang punya cita-cita dan harapan. Itulah akar dari kemajuan individu dan bangsa.

Terkait resolusi ini, banyak orang merancang banyak hal untuk menyambut tahun baru. Mulai dari ingin berhenti dari perbuatan buruk, lebih berguna, dan mencapai target. Masing-masing pasti punya sesuatu yang hendak dicapai, entah itu sederhana atau sulit. Tak jadi soal dalam ini.

Langsung saja pada permasalahan. Kira-kira, apa resolusimu di 2011 mendatang? Pertanyaan mudah, tapi sangat sulit untuk dijawab. Ini tak bisa lepas dari betapa beratnya suatu harapan. Nietzsche dalam hal; ini mengatakan, “harapan adalah siksa terkejam bagi manusia.” Di sisi lain, manusia jadi hampa bila tanpa harapan..

Namun, semua harus punya harapan. Sebuah cita-cita yang hendak dicapai. Lakukan yang terbaik atas apa yang sedang kita hadapi saat ini dengan terus bermimpi tentang masa depan dan menoleh ke belakang untuk bercermin. Ajahn Brahm dalam bukunya “Si Cacing dan Kotoran Kesayangannya” mengatakan, “untuk bahagia, lakukan apa pun yang sedang kau hadapi saat ini dengan cara terbaik.”

Fokus pada yang sedang kita hadapi saat ini bukan berarti melupakan progresivitas dan regresivitas. Artinya, tetap menatap ke depan sembari menoleh ke belakang agar tak mengulang kesalahan yang sama. Dalam bahasa figuratifnya, kita tak boleh jatuh pada lubang yang sama.

Ya, kira-kira, apa resolusimu untuk 2011?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s