Menulis

Posted: 4 November 2009 in Sosial-Budaya

menulis-285x300

Suka Menulis

Barangkali, masih banyak orang yang menganggap menulis itu sebagai perbuatan sia-sia. Hanya buang waktu saja dan tak ada hasil yang bisa didapat dengan cepat. Menulis hanya sebagai tindakan membunuh waktu, menyalahi semboyan umum, ”time’s money”. Namun, kenyataannya, menulis itu penting. Bukan hanya untuk diri kita, juga bagi orang lain dan generasi selanjutnya.

Bayangan hapusnya suatu budaya warisan leluhur, barangkali, bisa terhapus bila kita rajin menulis. Budaya lisan yang berkembang selama ini tak cukup untuk menyimpan ”kitab” peradapan. Kemampuan kolektif masyarakat untuk mengingat sesuatu tetaplah tak bisa selamanya. Karena itu, kodifikasi/penulisan suatu ”kitab” peradapan jadi sangat penting agar tetap lestari.

Contoh nyata dari hal ini adalah lagu dolanan anak-anak. Lagu-lagu dolanan anak sangatlah banyak, dan tiap daerah hampir beda. Tanpa ada penulisan lagu itu, anak generasi mendatang bisa saja tak tahu permainan buyutnya dulu. Tak ada dokumen yang mencatat lirik setiap lagu dolanan itu. Sayang sekali bila ”alat permainan” itu hilang ditelan zaman.

Banyak cerita kita temui di masyarakat, ada budaya tutur (lagu) yang sekarang hampir musnah. Penutur tinggal segelintir orang saja. Cukup jemari satu tangan untuk menghitungnya. Begitu pula nasib bahasa daerah kita yang begitu kaya. Jumlah penuturnya ada yang menyusut drastis. Bahkan diprediksikan dalam beberapa tahun mendatang akan musnah bahasa itu. Sungguh sayang sekali.

Mari memulai setiap hari dengan menulis. Menulis setiap kata, apa saja, yang hendak kita sampaikan. Ingatan kolektif kita sangat terbatas, harus terdokumentasi. Budaya tutur kita harus pula ditulis sedemikian rupa, mengkodifikasi agar tak musnah. Sastrawan kita, Pramoedya Ananta Toer, mengatakan, ” menulis adalah bekerja untuk keabadian”. Mari menulis bersama-sama…^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s