Cantik

Posted: 28 September 2009 in Arbiter

Orang jawa bilang “ayu”. Orang Sunda bilang “geulis”. Di seberang samudera, tanah kebebasan, Perancis “la belle”. Orang Inggris pun menamainya “beauty”.

Mendengar nama Cleopatra, pikiran senantiasa membayangkan kecantikan luar biasa ratu Mesir ini. Kecantikan yang mampu membius pembesar-pembesar Romawi hingga bertekuk lutut dihadapannya. Kecantikan nan misterius dengan atribut-atribut kebesaran kerajaan.

Begitu pula saat nama Ken Dedes dimunculkan, wajah ayu nan rupawan akan terbayang. Wajah yang telah membuat seorang anak perampok nekat membunuh suaminya, dan mengubah nasib sejarah Singasari. Kecantikan penuh gelora hingga melahirkan konflik tujuh turunan. Juga memunculkan dinasti kuat yang mampu menguasai nusantara.

Cantik. Itulah kata sederhana penuh makna. Membuat mabuk kepayang bagi siapa saja yang “teracuni”. Seorang Napoleon yang agung jadi runtuh karena kecantikan. Juga Louis XVI hancur kekuasaan karena kemolekan. Kecantikan juga membuat pesona tersendiri bagi Joko Bandung hingga rela membangun seribu candi untuk pujaannya. Cantik, sungguh membawa angin bagi siapa pun yang terbius.

Cantik senantiasa dinamis, tergantung situasi zaman. Zaman punya ukuran tersendiri bagi kecantikan, berbeda satu sama lain. Namun, tubuh ini seringkali terpenjara oleh konsep-konsep Yang merajalela. Pastinya, cantik punya relativitas karena ada di kepala masing-masing. Sungguh indah bila cantik dibiarkan liar begitu saja tanpa terkontaminasi zaman.

“Aku tak tahu, apakah pesonamu yang memikat, atau akalku sedang tak ada ditempat,” begitu bunyi kata mutiara, maaf ku tak lupa nama pencetusnya, yang menggambarkan dahsyatnya kecantikan. Membuat akal pun seolah-olah terpinggirkan bila bersentuhan dengan kata itu, cantik. Sungguh memesona deretan huruf yang membentuk kata itu. Di sela-sela hurufnya mengandung berjuta makna yang tak tercerap panca indera.

”Tak ada perempuan cantik. Adanya hanya laki-laki yang tak berdaya ketika berhadapan dengan kecantikan.” Begitulah kata mutiara tentang fenomena ini.

Menyimak lagu-lagu yang beredar saat ini, hampir semua tak luput dari kesan cantik. Menggambarkan kecantikan luar biasa, dan menginspirasi banyak hal. “Cantik, ingin hati selalu berbisik…”. Sebait lagu Kahitna tersebut dapat jadi contoh kedahsyatan kekuatannya. Semoga kecantikan itu selalu menghiasi dunia…:)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s